Jerawat Adalah Alarm Organik Tubuh Anda


Apa itu Jerawat?

Alarm yang tiba-tiba berbunyi di rumah Anda adalah isyarat bahwa telah terjadi sesuatu di sana. Demikian juga jerawat yang tiba-tiba nongol di tubuh Anda adalah alarm organik terbaik yang menandakan ada yang tidak beres dalam tubuh.  

Selama ini jerawat hanya dipahami sebagai masalah kulit yang kondisinya meradang dan berulang secara kronis. Secara medis jerawat dikenal sebagai acne vulgaris,  yaitu masalah kulit yang biasa dialami oleh jutaan orang di seluruh dunia. 

Menurut penelitian dari American Academy of Dermatology (AAD), jerawat didefinisikan sebagai Peradangan pada unit pilosebaceous, yaitu struktur kulit yang terdiri dari kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) dan folikel rambut.

Menurut National Institutes of Health (NIH) jerawat adalah kondisi inflamasi kronis pada unit pilosebaceous, ditandai dengan hiperkeratosis, hyperseborrhea, proliferasi propionibacterium acnes, dan inflamasi. 

​​Dari sudut pandang medis, jerawat umumnya dianggap sebagai penyakit karena dapat menyebabkan masalah kesehatan dan memerlukan perawatan. Namun, penting untuk Anda ingat bahwa jerawat dapat bervariasi dalam tingkat keparahan dan dampaknya pada individu.

Mengapa dikategorikan sebagai penyakit? Menurut para ahli adalah karena jerawat merupakan kondisi medis yang dapat menimbulkan peradangan dan infeksi. Selain itu juga dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, dan bahkan dapat menimbulkan bekas luka permanen pada kulit. 

Jerawat juga berdampak negatif pada kesehatan mental dan kualitas hidup penderitanya. Karena itu jerawat yang kondisinya parah memerlukan perawatan medis untuk diobati secara efektif.

Mereka yang menganggap jerawat bukan penyakit beralasan karena yang berjerawat itu sangat umum dan tidak selalu parah. Apalagi jerawat tidak mengancam nyawa secara langsung dan dapat dikontrol dengan perawatan yang tepat.

Jerawat: Alarm Organik Tubuh

Sebagai alarm organik tubuh kemunculan jerawat ditandai dengan adanya komedo, benjolan kecil berwarna merah, benjolan kecil berisi nanah, benjolan besar dan dalam, dan kantong berisi nanah. Jerawat dapat muncul di mana saja di bagian tubuh, tetapi paling sering adalah di wajah, punggung, dada, dan bahu yang disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor, termasuk peningkatan produksi minyak, penumpukan sel kulit mati, pertumbuhan bakteri, dan perubahan hormonal. Tapi ada juga lo yang penyebab karena riwayat keluarga jerawat, genetika, stres, diet dan penggunaan obat-obatan tertentu. 

Nah, dari uraian di atas sudah jelas bukan kalau jerawat adalah alarm yang menandakan adanya masalah dalam tubuh Anda.  Bisa jadi karena kesehatan, karena gaya hidup Anda yang tidak sehat, metabolisme Anda sedang kacau, setres, atau penyakit tertentu yang harus segera Anda obati. Jerawat tidak muncul begitu saja, jerawat hanya reaksi tubuh karena terjadi sesuatu didalamnya. 

Sebab tubuh Anda adalah sebuah mesin organik yang kompleks, dengan berbagai sistem dan komponen yang saling bekerja sama. Ketika ada sesuatu yang tidak beres, sistem ini akan memberikan sinyal melalui berbagai cara, termasuk reaksi fisik, perubahan emosional, perubahan tingkah laku dan lain-lain. 

Tubuh memberikan sinyal untuk memberitahu Anda bahwa kalian sedang dalam bahaya. Ia memberitahu Anda untuk waspada, ada sesuatu yang error dan perlu Anda perbaiki segera.

Untuk sekadar diketahui bahwa sebelum revolusi Industri pertama 1970, tubuh manusia dan hewan adalah satu-satunya alat pengubah energi paling canggih yang dikenal di bumi ini.

Ketika Anda duduk di meja makan dan mulai melahap hidangan yang tersedia, lalu metabolisme dalam tubuh Anda kemudian mengkonversi makanan tersebut menjadi energi, maka disitulah permasalahan kerap kali terjadi. 

Jerawat muncul adalah pertanda ada sesuatu yang tidak beres pada metabolisme Anda. Barangkali Anda menegak terlalu banyak minuman boba di hari itu, mencampurkan terlalu banyak gula ke dalam gelas kopi Anda, atau barangkali telah menyantap 24 tusuk buntut ayam di angkringan yang lagi viral di Jogja, dan seterusnya dan seterusnya! 

Jerawat yang tiba-tiba nongol sebenarnya ingin memberitahukan bahwa dalam tubuh Anda ada tumpukan sampah bahkan racun berbahaya. Maka untuk mengatasi jerawat hanya dengan obat luar seperti krim, obat totol, atau masker tak ubahnya memadamkan kebakaran hutan di Kalimantan.  Api di permukaan memang telah padam, tetapi bara apinya masih merah menyala dalam gambut di bawah tanah. Jerawatnya memang tampak hilang dan memudar, tapi biangnya di dalam tubuh tidak diatasi.  

Sinyal-sinyal alarm organik berupa jerawat Anda adalah kode untuk Anda segera mengatasi pemicu munculnya jerawat tersebut. Semakin cepat Anda merespon sinyal-sinyal yang dikirimkan tubuh Anda lewat jerawat yang bermunculan, semakin cepat pula Anda mencegah komplikasi kerusakan yang lebih serius.

Tubuh adalah sahabat terbaik Anda. Dengan belajar memahami sinyal-sinyal yang diberikannya, kita dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup kita. 

Kesalahan utama yang paling sering kita lakukan selama ini adalah memencet jerawat sendiri.  Padahal api yang tengah membakar rumah Anda tidak akan padam hanya dengan mematikan tombol alarmnya saja bukan?


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post